Selasa, 26 Juli 2011

SHALAT JUM'AT

a. Perintah Sholat Jum’at Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah untuk mengingat Allah (Dzikir Illahi) serta tinggalkanlah jual beli. Hal itu lebih baik jika kamu mengetahuinya (QS Al Jumu’ah; 9)

Penjelasan kalimat : (1) Mengingat Allah/Dzikir Illahi; Shalat wajib termasuk shalat Jum’at, shalat sunnah dan sholat nafal. (2) Jual beli; segala kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang beriman, misalnya : belajar/mengajar, bekerja di kantor, berdagang, bertani, menukang dsb

b. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Sholat Jum’at: (1) Datanglah ke masjid lebih awal, karena dengan datang lebih awal kita dapat mengerjakan shalat sunnah dan membaca Al-Qur’an (2) Disunnahkan untuk mandi berpakaian yang rapi (utamakan pakaian warna putih dan tidak memakai kaos oblong) serta memakai wewangian. (3) Isilah shaft depan terlebih dahulu (bagi kaum bapak) dan shaft belakang bagi kaum Ibu (4) Pada saat khutbah disampaikan dengarkan dan perhatikan (semoga kita dirahmati Allah SWT), hindarkan diri dari tertidur dan mengobrol karena dua hal ini akan mengurangi pahala ibadah Jum’ah bahkan menghilangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar